google search

Loading

Wednesday, 21 March 2012

PESTA PARA PENCURI


PESTA PARA PENCURI OLEH TEATER KETUPAT (28-29 APRIL 2012)


Tokoh Cerita dan Aktor atau Aktris Pemerannya

· Piktor diperankan oleh Gusti Fikri

· Bella diperankan oleh Sheila Khairunnisa

· Gustavediperankan oleh Ogie Sandi

· Juliet diperankan oleh Elok Saraswati

· Petbun diperankan oleh Adib Mulya

· Nyonya Ellen diperankan oleh Julianingsih

· Nyonya Chao Xiang diperankn oleh Annisa Pratiwi

· Edward diperankan oleh Muhammad Redha

· Edgar diperankan oleh Tan Chiko

Tokoh Pembantu

· Steve diperankan oleh Muhammad Farhansyah

· Bobby diperankan oleh Aditya Saputra

· Rose diperankan oleh Luna Loviana Chan

· Pelayan 1 diperankan oleh Novita Lestari

· Pelayan 2 diperankan oleh Nofi Rezekiani

· Polisi 1 diperankan oleh Ivan Pratama

· Polisi 2 diperankan oleh Feby Fitrianti

· Polisi 3 diperankan oleh Cindy Audi



Analisis Struktur Cerita

Struktur Lakon



Tema

Tema adalah ide yang mendasari suatu cerita sehingga berperan sebagai pangkal tolak pengarang dalam memaparkan karya fiksi yang diciptakannya (Aminudin, 2002 : 91).

Semua orang adalah pencuri. Mereka semua pencuri!. Entah pencuri barang, pencuri pandang, atau pencuri hati yang pasti mereka semua adalah pencuri. Pencuri yang jatuh cinta kepada seorang wanita kaya, begitu juga sebaliknya. Ini merupakan tema setral dari pertunjukkan drama Pesta Para Pencuri. Hal ini terlihat ketika para pencuri itu mencuri sesuatu di rumah Nyonya Ellen. Selain itu juga terlihat ketika mereka semua berkumpul di café, ada yang mencuri-curi pandang, ada yang mencuri-curi hati. Pada akhir cerita terdapat tragedi yang sangat menyedihkan, seorang pencuri yaitu Gustave yang ditembak mati oleh polisi dan Juliet sang kekasih menangisi kepergiannya. Tragedi itu merupakan akhir dari persta para pncuri.

Alur

Alur adalah rangkaian cerita yang dibentuk oleh tahapan-tahapan peristiwa sehinggamenjalin suatu cerita yang dihadirkan oleh para pelaku dalam suatu cerita (Aminudin, 2002 : 83). Alur dari pertunjukkan drama pesta para pencuri ini adalah “alur maju”. Dimana drama ini mengisahkan tentang kisah kehidupan segerombolan pencuri yang ingin kaya.

Setting

Setting adalah latar perisiwa dalam karya fiksi, baik berupa tempat, waktu, maupun peristiwa, serta memilki fungsi fisikal, dan fungsi psikologis(aminnudin, 1987:67). Latar tempat disebuah kafe tempat bertemunya Nyonya Ellen dengan Nyonya Chao-Xiang, Edgar Edward, Gustave, Juliet, Petbun, dan Bella. Disebuah taman tempat bertemunya Gustave dengan Juliet dan Piktor dengan Bella.

Tokoh

Tokoh adalah pelaku yang mengemban peristiwa dalam cerita fiksi sehingga peristiwa itu mampu menjalin suatu cerita (Aminudin, 2002 : 79). Tokoh utama dalam pertunjukan drama “Pesta Para Pencuri”ini antara lain adalah Gustave, Juliet, Nyonya Ellen, Nyonya Chao-Xiang, Piktor, Bella, Petbun, Edward dan Edgar Sedangkan pemeran pembantunya antara lain: dua pelayan kafe, dan tiga orang polisi.

Karakter masing-masing tokoh :

 Gustave menpunyai watak yang lucu, romantic, setia pada pasangannya, keras kepala, lembut dan setia kawan. Hal ini terlihat ketika Gustave di bujuk oleh kedua temannya untuk memanfaatkan Juliet kekasihnya, Gustave dengan tegas menolak bujukan tersebut. Gustave sangat mencintai Juliet, namun dia sadar dia hanyalah seorang pencuri.

 Juliet mempunyai watak yang ceria, sedikit genit, setia pada Gustave, penyayang dan manja. Dalam hal ini Juliet selalu terlihat ceria, ketia dia jatuh cinta kepada seorang laki-laki. Juliet selalu setia pada Gustave meskipun dia tahu bahwa Gustave seorang pencuri. Juliet juga rela hidup menderita bersama Gustave

 Nyonya Ellen menpunyai watak yang cerewet, glamour, penyayang, mudah percaya pada orang lain, dan sedikit genit. Hal itu terlihat pada dandanan Nyonya Ellen yang terlihat glamour. Nyonya Ellen merupkan seorang yang cerewet, karena asa sayangnya terhadap keponakannya memuatnya harus bersikap demikian. Dia juga terlihat genit ketika di bertemu dengan Tuan Vernando Gomes.

 Piktor mempunyai watak yang Romantis, sabar, setia dan penyayang. Ketika si Bella sudah mengetahui bahwa Piktor telah membohoginya, Bellapun marah kepada Piktor. Namun dengan adanya rasa saying Piktor terhadap Bella, Piktor tetap sabar dan setia menghadapi sikap buruk Bella kepadanya.

 Bella  mempunyai watak yang mudah marah, genit, manja,keras kepala dan angkuh. Hal ini kerlihat ketika Bella marah kepada Piktor setelah diketahui bahwa Piktor berbohong. Bella marah dan mengucapkan “aku memang kejam pada orang yang tidak aku sayangi. Ini sudah menjadi sifatku. Tapi sebaliknya, jika ada seseorang yang kucintai, maka aku akan bersedia melakukan apa saja untuknya”.

 Petbun mempunyai watak yang pemarah, egois, kasar, dan keras kepala. Pada darama itu ditunjukkan bahwa Petbun marah kepada Piktor da Gustave ketika mereka melakukan pencurian namun tidak membawakan hasil. Petbun pun marah dan tidak meu menjadi pimpinan pencuri lagi

 Nyonya Chao-Xiang mempunyai watak yang humoris, cerdik,dan matre. Ketika Nyonya Chao Xiang mendekati Nyonya Ellen, dan Nyonya Ellen menceritakan masalah yang dialaminya. Nyonya Chao Xiang memberikan saran-saran kepada Nyonya Ellen.

 Edward mempunyai watak yang sangat menyayangi putranya, dan matre. Dalam cerita, Edward selalu membujuk anaknya si Edgar untuk mendapatkan salah satu keponakan Nyonya Ellen, agar mendapatkan kekayaan Nyonya Ellen.

 Edgar mempunyai watak yang lugu, polos, lucu, agak idiot. Terlihat pada dandanan dan sikap Edgaryang tidak tahu masalah percintaan.

1 comment:

  1. Victor jadi Piktor. Kayaknya aneh yeh...

    Tapi aku suka cerita ini... :D

    ReplyDelete

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG SAYA